Selasa, 27 April 2010

Transplantasi Wajah Utuh Pertama di Dunia

When you're learning about something new, it's easy to feel overwhelmed by the sheer amount of relevant information available. This informative article should help you focus on the central points.
Madrid, Kompas - Sebuah rumah sakit di Spanyol mengklaim berhasil mentransplantasi wajah secara utuh untuk pertama kalinya di dunia. Transplantasi tersebut memberikan hidung, kulit, rahang, tulang pipi, gigi, dan fitur wajah baru lainnya bagi seorang pemuda.

Operasi itu dilakukan sebuah tim beranggotakan 30 dokter di Vall d'Hebron Hospital di Barcelona, akhir Maret lalu, dan dibutuhkan 24 jam pembedahan.

Sometimes the most important aspects of a subject are not immediately obvious. Keep reading to get the complete picture.

Pasien itu sekarang benar-benar mempunyai wajah baru, mulai dari batas rambut dari atas ke bawah. Hanya tersisa satu bekas luka menyerupai sebuah kerutan di sepanjang lehernya, ujar Joan Pere Barret, dokter bedah yang memimpin tim.

Dokter itu menolak menyebutkan identitas pasien. Hanya disebutkan, pasien itu seorang pemuda Spanyol berusia 30 tahun dan wajahnya rusak berat akibat kecelakaan senjata lima tahun lalu. Kondisi pasien mulai membaik: sudah bisa duduk, berjalan sendiri, dan menonton televisi. Namun, dia belum bisa bicara, makan, tersenyum, atau menelan ludah. Dia harus menjalani perawatan sekitar dua bulan lagi.

Barret mengatakan, di dunia setidaknya ada 10 transplantasi wajah secara parsial, antara lain di Perancis, China, dan Amerika. Namun, baru kali ini dilakukan utuh seluruh wajah. Tim yang dipimpin Barret menggunakan teknik bedah plastik mirip dengan transplantasi dan bedah mikro yang serupa dengan transplantasi wajah lainnya.

Sejak kecelakaan, pasien itu harus bernapas dan makan lewat selang. Dia juga sulit bicara. Pemuda itu telah menjalani 9 kali pembedahan. Dia juga melalui tes psikologi agar bisa menghadapi wajah barunya. (AP/INE)

When word gets around about your command of news facts, others who need to know about news will start to actively seek you out.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar