Minggu, 23 Mei 2010

Deteksi Penyakit Lewat Kondisi Mulut

The following article covers a topic that has recently moved to center stage--at least it seems that way. If you've been thinking you need to know more about it, here's your opportunity.
VIVAnews - Ketika terjadi gangguan mulut, entah itu di gusi, gigi atau lidah, ternyata dapat menjadi indikasi Anda mengalami gangguan kesehatan. Sebuah penelitian, seperti dikutip dari laman Aol.com, menyatakan apa yang terjadi di dalam mulut Anda bisa mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Berikut cara mengetahui kondisi kesehatan lewat gangguan kesehatan yang terjadi dalam mulut:

Aroma napas tak sedap

Jelas, biang keladi mulut berbau tak sedap bisa dipicu dari makanan tertentu, seperti bawang putih, durian, dan jenis makanan lainnya. Kurang minum atau tidak menyikat gigi dengan benar pun bisa menjadi penyebab napas Anda beraroma tak sedap.

Tapi, yang lebih berbahaya, gangguan kesehatan yang terjadi di dalam mulut, bisa menjadi awal gejala penyakit ekstraksi gigi dan gangguan tenggorokan hingga kanker mulut. Di luar mulut, bau napas tak sedap dapat dikaitkan dengan masalah sinus, diabetes, gangguan pencernaan, HIV, penyakit hati, kelainan ginjal dan masalah paru-paru. Cobalah lakukan perawatan khusus pada mulut Anda agar bau napas tak segar bisa dihilangkan. Jika perlu, berkonsultasi pada dokter untuk mengatasi masalah ini.

Bibir pecah-pecah atau terdapat luka terbuka

Tidak mendapatkan cukup zat besi, asam folat atau vitamin B-12 bisa menjadi penyebab kanker. Hal sama berlaku untuk perubahan hormonal, alergi makanan dan infeksi virus. Mulut yang teriritasi ini juga telah ditemukan terjadi pada orang yang didiagnosis dengan infeksi kulit atau penyakit lain seperti cacar air, atau yang terparah kanker mulut. Tindik di bagian mulut, cedera atau obat-obatan bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit ini. Untuk itu, waspada jika mengalami iritasi di bagian mulut.

If you don't have accurate details regarding news, then you might make a bad choice on the subject. Don't let that happen: keep reading.

Gigi tak terawat

Menurut American Heart Association (AHA) pada Juni 2008, kebersihan gigi dikombinasikan dengan kesehata secara keseluruhan dapat membantu mencegah infeksi katup jantung. Tidak tidak merawat gigi dengan baik bisa berisiko mengalami masalah kesehatan mulut seperti gigi berlubang, abses dan penyakit gusi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan bakteri tumbuh lebih subur yang pada akhirnya mengakibatkan infeksi katup jantung.

Gigi tanggal

Kehilangan gigi lebih cepat dapat memprediksi demensia di kemudian hari. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Oktober 2007 dari jurnal 'American Dental Association', penulis penelitian itu menunjukkan. tidak jelas apakah hubungan ini saling berkaitan. Meski demikian memang butuh penelitian lanjutan. Sebab, berdasarkan studi Ilmuwan Jepang, hilangnya gigi juga mungkin berkaitan dengan gangguan di bagian kepala, leher, kerongkongan dan kanker paru-paru.

Warna lidah

Kondisi atau warna lidah bisa menandakan kesehatan Anda sedang terganggu. Apakah lidah berwarna putih, menggelap, berbulu, bergelombang atau beralur? Jika iya, kondisi ini bisa terjadi akibat tembakau atau memakan beberapa jenis makanan dan minuman, yang dapat memperburuk kesehatan gigi. Perubahan warna atau bentuk lidah dapat menandakan Anda kekurangan vitamin, mengalami luka atau adanya infeksi jamur. Parahnya lagi, meski kasusnya belum banyak, namun penyebab perubahan-perubahan kondisi lidah bisa diakibatkan alergi parah atau kanker mulut.

Mulut Kering

Apakah Anda pernah merasakan mulut kering sehingga Anda sulit makan, berbicara, atau menelan makanan? Hati-hati, kondisi ini bisa menyebabkan infeksi, penyakit gusi dan rongga mulut. Perbanyak minum air putih sebagai solusi awal masalah ini. (umi)

That's how things stand right now. Keep in mind that any subject can change over time, so be sure you keep up with the latest news.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar