Rabu, 19 Mei 2010

Hati-Hati, Alergi Kiwi

The following article lists some simple, informative tips that will help you have a better experience with news.
VIVAnews - Selain dikenal sebagai buah kaya nutrisi, buah yang banyak tumbuh di tanah Selandia Baru ini ternyata dilaporkan juga memiliki efek laksatif ringan yang mampu mengatasi sembelit. Efek ini kemungkinan dimiliki kiwi akibat kandungan seratnya yang tinggi.

Namun, kiwi mentah juga kaya enzim pemecah protein, aktinidin yang secara komersial digunakan untuk melunakkan daging tetapi dapat menjadi alergen bagi beberapa orang.

Aktinidin memiliki efek lytic (memecah) yang dapat melunakkan makanan lain, seperti daging. Tapi, kandungan aktinidin ini bisa menjadi sumber alergi yang menimbulkan gatal-gatal di sekitar mulut.

Seperti dikutip dari Buku 'Health Secret of Kiwifruit', secara spesifik orang dewasa atau anak-anak yang memiliki riwayat alergi terhadap pepaya, atau nanas, biasanya juga alergi terhadap kiwi. Reaksinya termasuk bibir kering, lidah bengkak, ruam, muntah, sakit dada, bahkan pada beberapa kasus juga menimbulkan kesulitan bernapas, sering bersin dan pingsan. Gejala lain yang umum adalah gatal dan nyeri di sekitar mulut.

If you base what you do on inaccurate information, you might be unpleasantly surprised by the consequences. Make sure you get the whole news story from informed sources.

Enzim ini membuat kiwi mentah tidak cocok digunakan untuk hidangan penutup mengandung susu atau produk olahan susu lain. Sebab, susu mudah dicerna, sehingga reaksi alergi lebih cepat terjadi.

Hal sama juga bisa terjadi pada hidangan menggunakan gelatin. Untuk menghindari efek aktinidin, cukup dengan memasak buah kiwi selama beberapa menit sebelum menambahkannya ke gelatin.

Bagi Anda yang bergolongan darah O juga harus berhati-hati saat mengonsumsi buah kiwi. Dan, sebaiknya pemilik golongan darah ini menghindari terlalu banyak mengonsumsi kiwi. œKiwi termasuk buah citrus, bila dikonsumsi terlalu banyak bisa menimbulkan sindroma iritasi usus. Kandungan lektin dalam buah ini dapat bereaksi kuat dengan darah golongan O, kata Penulis Buku 'Diet Sehat Golongan Darah untuk Mencegah dan Mengobati Alergi', Dr. Peter J. D' Adamo bersama Chatherine Whitney.

Sedangkan pada golongan darah A dan B, kiwi adalah buah yang bersifat netral dan diperbolehkan sering dikonsumsi. Sementara yang mendapatkan banyak manfaat dengan mengonsumsi kiwi adalah golongan darah AB.

œTapi, bukan berarti golongan darah O tidak boleh sama sekali mengonsumsi kiwi. Boleh dikonsumsi, namun jumlahnya sedikit saja dibandingkan golongan darah AB, A dan B, kata Peter menegaskan. (umi)

There's no doubt that the topic of news can be fascinating. If you still have unanswered questions about news, you may find what you're looking for in the next article.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar